Cara Menggambar 3D Dengan Pensil
Cara Menggambar 3D Dengan Pensil
Menciptakan ilusi 3D adalah basic dalam menggambar. Apa bila ilusi 3D sudah bisa anda ciptakan, kalian akan merasakan peningkatan yang signifikan dalam karya seni kalian.
Langsung saja siapkan pensil, penghapus dan kertas. Cari posisi menggambar yang nyaman and check this out.
Langkah-langkah Menggambar 3D
1. Menentukan arah cahaya
Arah cahaya adalah sebuah pondasi untuk membuat efek 3D, Tanpa arah cahaya yang pasti gambar kalian akan terlihat tidak alami. Setelah kalian memahami bagaimana sifat cahaya maka 40% kemampuan menggambar 3D sudah dikuasai. Berlatihlah dengan bentuk sederhana(bulat, kotak, silinder) untuk membiasakan anda dengan sifat cahaya.
Arah cahaya dalam beberapa situasi bisa lebih dari satu, ketika anda menggambar seseorang di sebuah restoran classic dengan lampu warna kuning di atap ruangan dan terdapat lilin di atas meja akan ada 2 sumber cahaya yang memantul ke setiap benda di restoran tersebut.
2. Shading
Setelah anda menentukan arah cahaya, berikutnya adalah merealisasikan imajinasi anda. Ciptakan bagian gelap dan bagian terang dengan shading.
Shading adalah penggambaran kedalaman dalam model 3D dengan bermacam tingkat kegelapan. jenis shading ada bermacam macam. Selengkapnya bisa anda pelajari di
Untuk membuat gradasi, pertama tama shadinglah seluruh bagian dengan tekanan kecil. Setelah selesai shadinglah dengan tekanan yang lebih kuat untuk area yang lebih gelap, begitu seterusnya. Supaya gambar gradasi terlihat lembut kuncinya adalah memblanding dengan tissue.
Tingkat intensitas cahaya
Highlight
Sorotan adalah lokasi pada subjek di mana pantulan cahaya paling intens. Sorotan biasanya ditunjukkan oleh nilai warna yang sangat terang atau dalam beberapa kasus warna putih.
Mid tone
Nada pertengahan adalah area pada subjek tempat beberapa cahaya mengenai sasaran, tetapi kurang intens. Dalam banyak kasus, nada pertengahan adalah warna aktual (warna asli).
Core Shadow
Bayangan inti adalah area pada subjek di mana cahaya dicegah oleh permukaan lain, menghasilkan area bayangan. Core shadows biasanya merupakan nilai warna asli yang lebih gelap.
Cast Shadow
Cast shadow adalah lokasi bernilai lebih gelap yang menghasilkan objek atau permukaan di sekitarnya. Cahaya terhalang untuk mencapai area ini sepenuhnya.
Reflected light
Sebagian cahaya dipantulkan dari benda dan permukaan di sekitarnya. Cahaya ini memantul kembali ke objek yang menghasilkan area dengan nilai lebih ringan. Area dengan nilai yang sedikit lebih ringan ini disebut sebagai highlight.
Demikian cara menggambar 3D dengan pensil
Komentar
Posting Komentar